~ love the animals in the wild ~

Mengamati dan Menjepret Satwa dan Tumbuhan di KRUS

Rintik hujan gerimis mengiringi keberangkatan menuju kebun raya unmul samarinda, pagi itu di hari minggu, 5 Mei 2012. First Time dari group FB » borneo wildlife photography membuat kegiatan, yang diikuti teman-teman dari mapflofa dan borneo bird community.


Dengan semangat 45, walaupun pagi itu cuaca kurang mendukung. Tapi, pengamatan sekaligus mencari obyek yang asik untuk diamati tetap dilanjutkan. Masing-masing sibuk mencari obyek menarik untuk di foto. Karena burung atau mammalia lainnya belum ditemui, object yang pertama diambil rame-rame adalah binatang kecil yang memiliki kaki banyak dan kalau disentuh bisa langsung berubah menjadi seperti bola kecil (saya gak tau apa namanya).



Untuk memotret satwa liar di alam, tidak lah mudah…selain harus jeli, terkadang kita harus berjalan pelan dan mengendap-endap agar si satwa tidak merasa terusik akan kehadiran kita (agar si satwa tidak menyadari kehadiran kita), setelah si satwa merasa tidak terganggu barulah kita bisa mulai memotretnya…dan biasanya moment untuk bisa memotret tidaklah lama…hanya hitungan menit, atau bahkan sepersekian detik saja. Jadi, ketika bisa berhasil mengabadikan suatu obyek…wahh rasanya jadi sangat senang luar biasa :).

Karena spesifikasi saya adalah burung, jadi saya bisa share data jenis yang ditemui dari pengamatan jam 07:30 - 11:00 wita ada lima belas jenis burung yang dijumpai, baik yang terdokumentasi ataupun tidak, berikut ini adalah jenis burung yang berhasil ditemui: Pycnonotus goiavier, Pycnonotus aurigaster, centropus sinensis, Passer montanus, Calorhamphus fuliginosus, Ceyx erithacus, Dendrocopus canicapillus, Dicrurus aeneus, Malacocincla malaccense, Meiglyptes tukki (betina dan jantan), Orthotomus sericeus, Phaenicophaeus curvirostris, Surniculus lugubris, Anthracoceros albirostris (suara), Copsychus malabaricus (suara).

Selain burungi, juga di jumpai jenis dari mammalia, yakni lutung merah (Presbytis rubicunda) , Bajing dan Tupai.

Selain satwa, kawan-kawan juga banyak memotret tumbuhan yang menurut mereka cukup menarik..

Karena hari dah jelang siang, walaupun matahari tak juga muncul…kami harus kembali pulang dan sampai jumpa di pengamatan berikutnya.

Note: Untuk Hasil Foto Burung dapat dilihat di sini yaa..


                              ~ Save Our Forest For Conservation ~

Salam Burung,

Reski Udayanti

  1. forestgraphy reblogged this from citcitcitcuit
  2. citcitcitcuit posted this